a

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget.

242 Wythe Ave #4, Brooklyn, NY 11249
1-090-1197-9528
office@ourbusiness.com
Generasi Milenial : Lebih Suka Dapat Banyak Reward

Generasi Milenial : Lebih Suka Dapat Banyak Reward

Era digital memang telah mengubah hampir seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali perilaku konsumen dalam berbelanja. Hal ini mendorong loyalty program untuk bertransformasi dari waktu ke waktu dengan menyuguhkan inovasi.

Tidak dapat dipungkuri bahwa generasi milenial saat ini merupakan populasi terbanyak jika dibandingan dengan baby boomers. Bahkan, populasi Gen Z juga sudah perlahan mendominasi pasar saat ini.

Dengan jumlah populasi seperti diatas, jelas bahwa pasar saat ini mulai dikuasai oleh generasi milenial dan Gen Z. Sehingga, perlu ada penyesuaian pendekatan pasar yang sesuai.

Dan tahukah Anda bahwa hampir 30% generasi milenial dan Gen Z enggan untuk bergabung dengan loyalty program. Salah satunya faktor utamanya adalah mereka sangat khawatir mengenai penyalahgunaan data-data pribadi. Namun, kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan pendekatan ala milenial. Simak tipsnya berikut ini :

1. Tawarkan reward secara personal

Ajak konsumen menjadi pelanggan, dengan memberikan reward secara personal. Berikan reward sesuai dengan karakter konsumen, agar reward terasa lebih personal. Konsumen Anda akan merasa lebih terapresiasi.

Faktanya adalah survei menyatakan 80 persen konsumen dari generasi milenial dan Gen Z bersedia jika informasi pribadi, aktivitas transaksi sehari-hari, dan perilaku berbelanja mereka dipantau oleh suatu brand dengan bujukan diberikan hadiah dan fasilitas kemudahan lainnya yang dapat mereka rasakan dengan mengikuti loyality program

Bahkan beberapa dari mereka menyatakan kesediaan untuk dikenakan biaya tambahan untuk mendapatkan manfaat tambahan dari loyalty program itu, seperti mendapatkan promo ekstra dan ekslusif. Menarik bukan? patut untuk dicoba.

2. Bangun hubungan yang lebih positif

Berbeda dengan generasi baby boomers yang lebih menyukai diskon, generasi milenial dan Gen Z justru lebih menyukai kehangatan dan keintiman dalam berinteraksi dengan brand atau biasa disebut dengan engagement.

Sebagai contoh, Sephora Beauty Insider dan Amazon Prime. Keduanya memiliki loyalty program yang menyediakan layanan pelanggan berupa pusat bantuan bagi member secara individual dan eksklusif oleh customer representative.

Layanan tersebut dapat membangun hubungan emosional positif antara brand dan member. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan Anda sebanyak 27 persen karena pelanggan yang merasa istimewa, cenderung akan meningkatkan pengeluaran mereka dengan brand tersebut.

Interaksi yang sedang ramai di sosial media dan di senangi oleh milenial dan Gen Z adalah layanan berupa service dan bukan cashback dan diskon. Engagement seperti inilah yang dibangun oleh Sephora dan telah meningkatkan prosentase pelanggan untuk kembali dengan cukup signifikan

3.Manfaatkan Teknologi!

Tidak dipungkiri jika generasi milenial dan Gen Z adalah generasi yang fasih berteknologi alias digital natives. Tidak hanya gadget tapi juga kedua generasi ini sangat aktif dalam menggunakan internet, terutama dalam sosial media dibandingkan generasi sebelumnya

Dengan karakteristik genarasi seperti itu, Anda perlu penggunaan teknologi yang inovatif dan mudah dimanfaatkan untuk menarik pelanggan dari generasi milenial dan Gen Z.

Berdasarkan hasil survei, 95 persen partisipan dari kedua generasi tersebut menginginkan engagement dengan suatu brand yang menggunakan berbagai macam teknologi baru, seperti virtual reality, augmented reality, card on file, dan inovasi-inovasi teknologi lainnya

Anda juga dapat menawarkan kemudahan-kemudahan lainnya yang diinginkan oleh pelanggan dari generasi milenial dan Gen Z. Salah satunya mempermudah proses klaim reward dengan menggunakan telepon genggam mereka secara instan.

 

————

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana sebuah platform loyalty, membership dan referral marketing bisa membantu bisnis anda bertumbuh.

Request demo sekarang, team kami akan segera menghubungi anda.